Senin, 30 Mei 2016

BUMDESA “ SaM” SOSIALISASI,PPRBD LAPORAN ?

Sendangagung- Sosialisasi BUM-Desa dan Laporan Panitia Pembangunan/Rehab Balai Desa (PPRBD) Sendangagung berlangsung di Balai Desa Sendangagung, Ahad malam Senin (29/5/2016) yang dihadiri Lembaga Masyarakat dan Warga.
Dalam sambutannya, kepala Desa Panut Supodo memberikan pengarahan tentang perlunya kesiapan seluruh warga masyarakat di masing-masing wilayah dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan di tahun 2016. Selain itu juga diingatkan bahwa RAB dan Gambar adalah menjadi pijakan utama dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.
Selain itu, pria yang akrab disapa dengan Panut ini memberikan informasi tentang pelayanan E-KTP di Kecamatan untuk esok hari dan tak lupa pula mengingatkan tentang keamanan menjelang Romadlon 1436 H yang perlu ditingkatkan, karena beberapa waktu terakhir terjadi beberapa peristiwa tindak kejahatan dengan modus gendam dan sudah menelan beberapa korban, termasuk warga di antaranya ada warga Sendangagung.
 Ia pun menambahkan tentang kewaspadaan saat akan berangkat sholat tarawih agar tidak lupa mengunci pintu dan jendela serta mematikan kompor, sehingga dapat dipastikan bahwa rumah dalam keadaan aman, begitu himbauan yang disampaikan.
Kemudian dilanjutkan Laporan Ketua Panitia Pembangunan Balai Desa H. Liulin Nuha tentang realisasi kegiatan pembangunan kantor dan Balai Desa termasuk laporan perkembangan dan penggunaan keuangan mulai dari tahun 2014 hingga 2016. Dalam penjelasannya menyebutkan bahwa untuk tahun 2016 ini tetap melanjutkan proses pembangunan pada joglo depan dan samping barat balai desa, pemasangan atap bangunan, pembangunan tembok , dan pembangunan sarana gedung pra paud di samping barat balai desa. Sehingga wajah Balai Desa sudah bisa terlihat lebih terbuka dan tampak lebih elegan. Dalam akhir pemaparan H liulin Nuha menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak serta mohon dukungan untuk kelanjutan pembangunan Balai Desa ini.
Pada sesi berikutnya, Ketua BUM-Desa Luthfi Yuhandi memaparkan beberapa konsep dasar BUM-Desa yang akan segera On ditengah-tengah masyarakat  Sendangagung.  Setidaknya ada 3 (tiga) Unit Usaha kegiatan BUMD-Desa Sendangagung Makmur atau biasa disebut “SaM”, yaitu : Cafee, Pasar Desa dan Permodalan. Konsep Cafee disini menurutnya jauh berbeda dengan Cafee yang dipahami banyak orang dengan konotasi negative ( penuh dengan gelamor, dugem, klub malam, dlsb. ) itu tidak terjadi di Cafee yang diberi nama Cafee Jandom ini. Dalam penuturannya Cafee yang dimaksud merupakan Cafee yang berbasis budaya dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah  norma agama dan susila yang dipegang masyarakat. Dan tidak perlu kuatir karena Cafee ini baru eksis pasca lebaran. Begitu jelasnya pada forum tersebut.
Untuk jangka pendek ini, Sekretaris BUMDesa Mahmud Junaidi memaparkan tentang Pasar Ramadhan 1437 H yang akan digelar di ex pemandian yang sampai hari ini sudah ada 25 pedagang yang sudah siap untuk meramaikan pasar tersebut. Ia menambahkan jika pasar Romadhan ini rencananya akan buka mulai jam 15.00 wib persiapan dan start pada sore hari setelah Ashar hingga menjelang maghrib, break sholat maghrib dan dibuka kembali  setelah sholat tarowih.
Dalam penuturannnya sebelum ditutup, Mahmud Juaidi pun menginformasikan bahwa pasar Ramadhan ini akan dilakukan pembukaan dengan acara jalan sehat sore berhadiah mulai pukul 14.00 wib persiapan dengan rute tidak begitu panjang dalam rangka menandai akan dibukanya pasar Ramadhan 1437 H. Kupon pun sudah terjual sekitar 2.500 , Beberapa hadiah sudah disiapkan serta hadiah sumbangan dari warga pun sudah mulai terkumpul. Begitu tukasnya. (el/ps)

sosialisasi bumdesa dan LPJ panitia pembangunan2
Share:

0 Comments:

Posting Komentar