Senin, 30 Mei 2016

SUMUR JANGKANG,SUMUR PENINGGALAN SUNAN SENDANG

http://sendangagung-lamongan.desa.id/2016/04/29/sumur-jangkangsumur-keramat-peninggalan-sunan-sendang/


Sendangagung–  Sumur Jangkang merupakan salah satu dari peninggalan Sunan Sendang, letaknya berada di alas jangkang yang berada di sebelah utara langgar mbeji kurang lebih sekitar 1 km ke arah utara dan masih berada di kawasan Desa Sendangagung sisi barat daya.  Konon menurut cerita masyarakat yang berkembang bahwa air sumur jangkang ini dulunya diperuntukkan untuk keperluan  masyarakat sekitar untuk kebutuhan pertanian mapun sehari-hari, namun ada versi lain bahwa air sumur tersebut digunakan oleh Sunan Sendang untuk menyirami tanamannya berupa wilus, tebu “ sak lebak sak suto “ yang sekarang dipakai nama kampung Lebak dan Suto.

Alkisah, pada suatu ketika ada hajatan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar dengan maksud untuk menyembelih sapi, tapi alangkah terkejutnya bahwa sapi yang akan disembelih tadi tidak mempan dengan pisau apapun. Usut punya usut, sapi tersebut sebelum disembelih minum air sumur jangkang yang di buat oleh Sunan Sendang, bahkan alat yang digunakan untuk mengambil air berupa “timba” yang terbuat dari lontar pun tidak “ bolong” dengan alat apapun.

Atas kejadian tersebut, maka Sunan Sendang melakukan langkah penutupan sumur tadi dengan sebuah batu besar (gilang) dan diatasnya ditanami pohon jangkang dengan maksud agar air sumur tadi kelak kemudian hari tidak disalah gunakan oleh anak cucunya karena hanya akan membawa kecongkakan bagi peminumya.
Dari cerita tersebut, maka kemudian sumur itu dikenal masyarakat dengan sebutan sumur jangkang ( jawa=njangkang), karena diatas sumur tersebut tumbuh pohon jangkang yang sangat besar. Peninggalan tersebut bisa dilihat keberadaanya, berupa jangkang yang tumbuh besar yang berumur ratusan tahun dan diganti dengan sumur baru yang terletak tidak jauh dari letak awal. (el)

sumur jangkang1
Share:

0 Comments:

Posting Komentar